Hubungi Kami
Address
Tangerang Motor
Service Station
Jl. Merdeka No.268

Tangerang 15114

Hari Kerja Senin - Sabtu Jam 8.10-17.00

Hari Minggu / Besar kami libur

E-mail dionisiusdarmawan@gmail.com atau bisa mengisi di buku tamu, kami akan mereply secepatnya
Phone 021-552-23-84
021-55-79-55-88
Hand-Phone 0816 - 18 - 68 - 922
Fax 021-553-93-36
 
Info > Artikel
Kata Kunci
[1]
 
 
Click untuk memperbesar
Tips Seputar Ban Mobil

Si hitam bulat ini sering diabaikan padahal dialah satu-satunya bagian mobil yang kontak langsung dengan jalan dan yang memastikan mobil bisa menggelinding nyaman dan aman. Untuk memastikan ban berada dalam kondisi terbaik, pastikan untuk selalu memeriksa tekanan angin, kondisi permukaan dan rotasi ban.

Memeriksa tekanan angin ban

Cara paling gampang, sederhana dan mudah untuk memparjang umur ban adalah menjaga agar tekanan angin ban sesuai standar. Angka-nya bisa diketahui dari buku manual pemilik atau stiker dibalik pintu pengemudi.

Pemeriksaan dilakukan pada seluruh roda, termasuk ban serep. Minimal sekali sebulan atau sebelum melakukan perjalanan panjang. Periksa ban dalam kondisi dingin atau maksimal jalan sejauh 1.6 km.

Tekanan angin akan naik bila ban panas. Ban kurang angin akan cepat panas dan beresiko meletus. Satu-satunya cara untuk mengetahui tekanan angin secara akurat, dengan menggunakan alat ukur yang biasa dijual di toko onderdil. Secara visual sangat sulit untuk menentukan apakah tekanan angin ban kurang.

Memeriksa kondisi permukaan ban

Sekali sebulan, bersamaan dengan mengecek tekanan angin ban, periksa juga kondisi permukaan ban. Barangkali permukaaanya retak, sobek, lobang, tonjolan atau ada kaca/batu yang terjepit alur ban.

Periksa pula permukaan ban yang aus. Ini bisa menjadi indikator tekanan angin kurang pas, misalignment dan problem sistem suspensi. Kedalaman alur ban juga harus mendapat perhatian. Ban dianggap aus bila kedalaman ceruk hanya 1/16 inch atau 1.6 mm.

 

Rotasi ban

Rotasi ban secara teratur membuat tingkat keausan seragam pada tiap ban. Rotasi dilakukan setiap 10,000 km � 12,000 km. Proses rotasi bisa juga dilakukan terpadu dengan perawatan rutin lainnya. Pola rotasi biasanya di tampilkan juga pada buku petunjuk atau tanyakan bengkel.


Perawatan ban yang direkomendasikan hanya sabun dan air. Sejumlah produks yang dijual dipasaran ada kemungkinan mengandung bahan-bahan yang merusak ban, meskipun ada juga yang berfungsi sebaliknya.

Didinding ban, selain merk biasanya juga ada deretan angka dan huruf yang membingungkan. Deretan bila diterjemahkan bisa memberi gambaran lebih jelas tentang indentitas ban tersebut.

Contohnya : P215/65R15 89H

P = Passenger menandakan ban untuk mobil penumpang. untuk light truck biasanya disimbolkan LT.
215 = lebar ban dalam millimeter
65 = Aspek ratio atau perbandingan lebar dan tinggi dinding ban.
R = Radial, B untuk belted bias dan D untuk diagonal bias
15 = Diameter wheel dalam inch.
89H=Service description, dimana 89 adalah index beban, menggambarkan kemampuan ban menerima beban. H adalah symbol kecepatan atau kecepatan maksimal ban (bukan mobil).

Symbol kecepatan lainnya adalah
Q=99 mph (158.4 km/jam),
R=106 mph (170 km/jam),
S=112 mph (180 km/jam),
T=118 mph (188.8 km/jam),
U=124 mph (198.4 km/jam),
H=130 mph (208 km/jam),
V=149 mph (238.4 km/jam)
Z=149+mph.

Traksi : menunjukkan kemampuan ban untuk berhenti di permukaan basah. Skalanya dari AA (paling baik) hingga C (buruk)

Temperatur : kemampuan ban untuk bertahan dari pengaruh panas. Skala A, paling baik, C buruk.

SEMOGA BERMANFAAT

 
 
 
Click untuk memperbesar
Hal-hal yang terabaikan pengemudi baru

(29/04/2010) - Mengemudi yang baik harus dibiasakan sejak awal. Banyak pengemudi baru yang mengabaikan hal-hal kecil ini. Hal-hal yang sering diabaikan pengemudi baru adalah:

Driving position: duduk bersandar dengan punggung menempel di sandaran. Posisi duduk harus nyaman dan sudut siku sedemikian rupa sehingga pergelangan tangan bisa lincah dan bergerak alami. Posisi kedua tangan di arah jam 9 dan 3 dengan siku agak tekuk dan tidak terentang lurus sehingga moving area luas tapi tetap terkontrol. Kaki harus mendapat ruang gerak yang cukup dan saat injak pedal gas/kopling hanya gunakan sedikit tenaga saja. Badan tidak perlu ikut-ikutan doyong kedepan saat menggeser tuas transmisi.

Kuasai kemudi: Akrab dengan kemudi. Saat bermanuver, pekerjakan kedua tangan dengan harmonis bukan hanya satu tangan yang operasional. Saat manuver agak cepat, setelah putara roda kemudi agar dilepas bisa bisa kembali sendiri dengan tetap dikontrol.

Kuasai lingkungan. karena beda usia pengemudi speed ajuga beda, gerakan respon. Sebagai pengendara baru harus mengenal karakter pengguna jalan lain. Misal anak muda dengan gaya mengemudi agresif, lebih baik di jauhi, anak-anak yang ugal-ugalan, lebih baik mengalah dan tidak berebut jalan. Demikian pula bila bertemu dengan pengemudi berusia lanjut yang berjalan lamban, lebih baik bersabar dan tidak berteriak-teriak dengan klakson. Berhati-hati dengan pengemudi motor yang gemar masuk ke celah antar mobil yang seringkali tidak terpantau pengemudi mobil.

Kenali jalan: Saat lintasi jalan pertamali, pelan-pelan sambil perhatikan rambu-rambu, sekolah, pasar, jalan rusak dll. Bila lewat jalan itu sudah hafal dan tidak terkejut-kejut lagi.

Akrabi rambu-rambu: Pahami rambu-rambu. Perhatikan rambu dari jauh sehingga bisa mempersiapkan tindakan. Jangan dari dekat baru memperhatikan rambu. Hindari jalan di jalur cepat.

 
 
 
 
Click untuk memperbesar
Bila tabrakan….

(23/03/2010) - Tabrakan tak pernah di undang, diduga ataupun diprediksi. Bisa saja anda sudah berada di lajur yang benar, mematuhi aturan lalu lintas tapi tiba-tiba ada mobil lain yang main serong dan benturan tak terhindarkan.

Apa yang harus dilakukan?

Dibawah ini kami paparkan beberapa hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan dalam situasi seperti itu.

Sesaat setelah benturan, pengemudi hilang akal dan bingung. Getaran dan sentakan yang terjadi membuat pengemudi sulit menilai situasi di sekitarnya. Tunggu sampai tenang, baru memulai menilai kondisi yang terjadi.

Biasanya pada kecelakaan keras yang membuat mobil ringsek muncul asap dan lelehan cairan dari mobil. Jangan panik. Bila melihat asap di kabin, kemungkinan dari kantong udara. Pastikan penumpang-kalau ada- dalam kondisi aman. Setelah itu buka sabuk pengaman. Coba dan lihat apakah pintu bisa dibuka. Bila tidak bisa dibuka, coba pintu lainnya. Gunakan pintu yang bisa dibuka untuk keluar. Dan jangan membayangkan seperti di film-film dimana kecelakaan mobil sering di akhir dengan ledakan keras dan bola api.

Perhatikan pula apakah ada pecahan kaca atau besi yang mencuat yang bisa membuat luka ketika anda berusaha keluar. Pastikan anda tidak bertambah cidera saat keluar. Pastikan semua penumpang mobil anda keluar sebelum memeriksa mobil lain. Setelah seluruh penumpang keluar, bawa mereka menjauh ke tempat aman. Telepon polisi atau rumah sakit untuk meminta pertolongan.

Baru setelah itu anda bisa memerika mobil lain. Bila kecelakaan ini bukan karena kesalahan anda, tahan emosi dan jangan memperuncing suasana. Anda berdua dalam situasi yang sama.

Kalau anda terlatih dan memiliki kemampuan untuk menangani kondisi darurat, anda bisa menolong mereka. Jika mereka terjepit, upayakan untuk membantu keluar, jika tidak bisa, tunggu petugas yang kompeten untuk melakukan hal itu. Sembari menunggu, anda bisa membantu menenangkan hatinya.

Jika ada salah satu korban terlempar keluar mobil, jangan dipindahkan, kecuali dalam situasi yang mendesak. Jika anda terpaksa harus menyeretnya, upayakan dia jangan sampai bergerak, terutama setelah anda memastikan lehernya aman. Mereka yang terlempar itu biasanya mengalami cidera kepala atau leher. Cidera semacam ini sangat rentan. Gerakan salah sedikit saja bisa fatal.

Setelah membantu korban lain, jikamemungkinkan dan aman, carilah SIM, STNK dan dokumen lain yang tersimpan di mobil. Kebanyakan dari kita menyimpannya di mobil dan bukan di dompet.

Jangan membersihkan puing-puing kecelakaan, biarkan sampai petugas datang. Setelah itu tunggu petugas datang.

 
 
 
 
Click untuk memperbesar
Tips Otomotif : Ekonomis Berkendara = Hemat Bensin atau Hemat Solar
  1. Hindari memanaskan mesin terlalu lama sebelum berkendara. Selama mesin bekerja maka bahan bakar tetap terkirim, sehingga banyak BBM yang terbuang sia-sia.
  2. Pertahankan kecepatan kendaraan sedapat mungkin sekitar 70 ~ 80 km/jam atau RPM di bawah 3000.
  3. Hindari kecepatan tinggi yang tidak perlu semakin tinggi kecepatan sebanding dengan tingginya putaran mesin sehingga bahan bakar minyak yang harus dikirimpun semakin besar.
  4. Sesuaikan gigi percepatan dengan kecepatan kendaraan, gunakan gigi rendah untuk menjalankan kendaraan pertama kali.
    Contoh: Gigi 1 Kecepatan 0-20 km/jam
    Gigi 2 Kecepatan 20-40 km/jam
    Gigi 3 Kecepatan 40-60 km/jam
    Gigi 4 Kecepatan 60-90 km/jam
    Gigi 5 Kecepatan 90 ~ km/jam
  5. Lakukan akselerasi/penekanan pedal gas secara perlahan (bertahap), jangan melakukan secara tiba-tiba karena dapat mengakibatkan terjadinya penambahan bahan bakar secara berlebihan.
  6. Hindari muatan yang berlebihan. Untuk membawa beban yang besar dibutuhkan tenaga yang besar yang berarti bahan bakar yang seimbang.
  7. Matikan mesin saat kendaraan berhenti dalam waktu lama (parkir).
  8. Aktifkan penyejuk udara (AC) dengan temperatur yang tidak terlalu rendah. Hal ini akan membuat kerja kompresor tidak terlalu lama (atau matikan bila perlu).
  9. Jangan meletakkan kaki kiri pada pedal kopling saat berkendara atau berkendara dengan setengah kopling. Ini akan mengakibatkan tenaga mesin tidak sepenuhnya tersalurkan untuk menggerakkan kendaraan.
  10. Gunakan bahan bakar sesuai nilai oktan yang disarankan oleh produsen. Nilai oktan bahan bakar akan menentukan pembakaran yang sempurna, sehingga sangat berpengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan oleh mesin.
  11. Gunakan ban dengan kembang dan tekanan angin yang tepat.
 
 
 
 
Click untuk memperbesar
Lindungi anak dengan filter udara kabin

(09/03/2010) - Tahukah anda kalau anak-anak lebih sensitif terhadap efek polusi udara dibandingkan dewasa? Dan, tahukah anda bahwa kualitas udara didalam mobil dengan kaca tertutup lebih buruk dibandingkan udara diluar, khususnya dilalu lintas padat?

"Guna memastikan udara yang masuk ke kompartemen penumpang lewat sistem AC atau ventilasi tidak terkontaminasi, filter kabin mobil anda harus bersih dan berfungsi sempurna," kata Ramon C. Nunez, Director of Filtration for Robert Bosch, LLC, pemasok komponen otomotif dan system ke produsen mobil dan aftermarket.

Udara di jalanan mengandung serbuk tanaman, debu, jelaga dan asap yang efek buruknya sudah banyak didokumentasikan. Filter udara kabin mobil menangkap polutan itu dan memompa udara bersih ke kompartemen penumpang. Seiring berjalannya waktu, filter akan buntu dan pada saat itu justru melipatgandakan bahaya yang berkaitan dengan polutan itu ketika sistem AC menyemprotkannya ke kabin yang tertutup rapat dan tidak ada lobang keluar.

Menurut 2006 State of the Air Report yang diterbitkan American Lung Association, anak-anak lebih rentan menderita dampak polusi udara dibandingkan orang dewasa karena paru-paru mereka sedang tumbuh dan kemampuan tubuhnya untuk melawan infeksi juga sedang berkembang.

Nunez merekomendasikan menggangi filter kabin setiap tahun atau sekitar 20,000 km - 24,000km. Jika sering beroperasi di area dengan tingkat polusi tinggi, sebaiknya lebih sering diganti.

Bosch memproduksi dua tipe kabin filter. Particulate cabin filter yang menyaring debu jalan, bakteri, spora, serbuk sari dan polutan lain. Activated charcoal filter, seperti yang pertama plus menyerap gas-gas berbahaya dan bau-bauan.

Menurut Herlaniadi, instruktur di service division PT Astra Daihatsu Motor, tidak semua mobil di Indonesia mengaplikasikan filter ini. Model-model Daihatsu yang dipasarkan di Indonesia, seperti Sirion, Xenia, dan Terios belum menggunakan filter ini. Menurutnya penggunaan filter ini merupakan terobosan karena mengganti atau membersihkan filter kini bisa dilakukan lebih mudah oleh pemilik mobil. "Dulu proses seperti itu harus dilakukan di bengkel AC karena harus membongkar evaporator," katanya.

Honda mengaplikasikan filter ini pada Honda CRV baru 2.0 liter dan 2.4 liter. Ini informasi tambahan dari Jonfis Fandi, GM Sales & Marketing PT Honda Prospect Motor yang sebelumnya menginformasikan filter semacam ini belum dipasang pada semua model dan masih optional. Menurut Jonfis Fandi, model yang belum menggunakan filter, proses penyaringan dilakukan di evaporator. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan nantinya filter semacam itu dipasang di semua model Honda yang dipasarkan di Indonesia.

Nissan Grand Livina juga tidak memang filter itu yang dalam terminologi Nissan disebut microfilter. "Itu karena spek dari Jepang tidak memasang filter itu. Ini berkaitan dengan cost dan disain yang dari awal memang tidak dirancang menggunakan filter ini," kata Teddy Irawan, Sales & Marketing Director PT Nissan Motor Indonesia. Di Indonesia yang menggunakan microfilter adalah Nissan X-Trail dan Serena. Microfilter harus diganti bukan dibersihkan dalam rentang waktu tertentu dan harganya Rp 325,000. "Microfilter ini sangat membantu untuk anak-anak yang punya bakat asma," tambah Teddy. Sayang Grand Livina tidak memiliki peluang memasang filter ini karena memang tempatnya tidak ada. Microfilter tidak sulit diganti dan bisa dilakukan pemilik mobil.

Toyota Vios, Yaris, Altis, Hilux, Innova produksi 2007 dan Fortuner (2007) sudah menggunakan filter ini. Sementara Rush, Avanza dan Dyna belum. " AC Filter diganti tiap 30,000km," kata Iwan Abdurrahman, instruktur di Training Dept. PT TAM. Proses ganti filter bisa dilakukan pemilik, karena hanya dengan membuka glove box. Prosedurnya ada di buku manual pemilik. Harga filter sekitar Rp 300,000.

 
 
 
 
Click untuk memperbesar
Tips Aman dari Ancaman Pedal Gas Nyangkut

(25/02/2010) - Kasus pedal gas nyangkut yang menimbulkan korban jiwa di Amerika Serikat dan memicu recall Toyota terbesar dalam sejarah, bisa diatasi jika tidak panik. Di Indonesia, belum dilaporkan kasus semacam ini, tapi resiko untuk mengalami situasi seperti itu bisa saja terjadi. Apalagi jika menggunakan karpet bukan asli bawaan mobil.

IAM (Institute of Advanced Motorists) melalui Stephen Mead, Assistant Chief Examiner memberi tips dan trik dalam situasi tersebut. "Tetap tenang. Ada persepsi yang meluas diantara pengemudi jika pedal gas nyangkut, mereka tidak mengerem juga. Ini kesalahan akibat panik," katanya.

"Tekan pedal rem, lalu kopling untuk memutus aliran tenaga mesin ke roda. Pada mobil matik. pengemudi juga harus mengerem, tunggu sesaat untuk melihat reaksi mobil dan geser tuas ke netral. Pada situasi itu anda tetap bisa mengemudikan mobil dan mencari tetap aman untuk stop."

Saat itu suara mesin tetap meraung keras dan mungkin anda masih dalam kondisi terkejut saat itu, tapi jika tetap tenang, anda akan terhindar dari resiko cidera serius, tambahnya.

 
 
 
 
Click untuk memperbesar
6 Langkah Merawat AC mobil

(25/10/2007) - Air Conditioner (AC) pernah jadi barang mewah yang hanya ada dimobil-mobil mahal. Kini sangat jarang mendapatkan mobil baru yang tidak dilengkapi AC. Merawat AC sebaiknya dilakukan teknisi profesional dan anda cukup menikmatinya. Yang perlu dilakukan adalah mengetahui gejala-gejala malfungsi yang perlu diperhatikan.

1. Bau busuk dari AC
Ini disebabkan bakteri, micro-organisme, jamur yang menumpuk di sekitar kisi-kisi AC di dashboard. Untuk meghilangkan bau mengganggu itu, bersihkan bakteri itu dengan anti-bacterial treatments. Ketika jamur bersih, udara yang disemprotkan AC segar lagi.

2.Kurang dingin
Bila mobil makin tua dan AC kurang dingin, tiba waktunya untuk service. Penggantian refrigerant plus pemeriksaan seluruh saluran untuk menutup kebocoran bila ada merupakan solusi problem ini.

3. Dihidupkan sepanjang tahun lebih baik
Sistem AC yang hidup terus sepanjang tahun justru lebih sehat. AC jalan mendorong refrigerant terus bersirkulasi. Refrigerant yang dipakai mengandung pelumas yang melumasi seluruh sistem dan mencegah kebocoran. Yang paling penting pelumas pada refrigerant melumasi dan merawat kompresor. Juga menjaga seal dan pipa tetap lembab, sehingga terjaga dari resiko retak karena kering yang bisa berujung pada kebocoran sistem.

4. Bunyi aneh yang tidak boleh diabaikan
Jika muncul suara-suara aneh, tidak biasa dari AC yang sebelumnya tidak ada, sangat disarankan untuk sesegara mungkin mendatangi bengkel AC untuk diperiksa. Ada suara-suara yang merupakan gejala awal/indikasi kerusakan kompresor. Kompresor adalah bagian paling mahal dari sistem AC. Bila bearing pada kompresor pecah/rusak, berarti komponen-komponen lain terkontaminasi partikel logam itu. Sistem harus dikuras plus penggantian kompresor dan komponen lain. Ini sangat mahal.

5. Tetesan air di bawah mobil.
Bila ada tetesan air dibawah mobil, jangan terkejut karena itu normal-normal saja. Itu berasal dari evaporator. Evaporator memiliki pipa yang memungkinkan evaporator mengalirkan air keluar mobil. Kadang-kadang pipa ini tersumbat atau patah sehingga evaporator tidak bisa mengalirkan air ke luar mobil dan malah ke dalam kabin. Problem ini bisa diatasi dengan murah.

6. Servis berkala meskipun tidak terlihat bermasalah.
Seperti sistem lain di mobil, AC juga perlu di periksa secara berkala. Kompresor perlu pelumas, filter perlu dibersihkan dari kotoran dan kelembaban. Bila filter kotor, kinerja sistem terganggu dan bisa membuat sistem tidak bekerja sama sekali. Gas refrigerant pada umumnya diganti empat tahun setelah mobil dibuat lalu dua hingga tiga tahun sekali setelah itu. Perawatan berkala sistem AC mobil anda akan menjaga kompresor bekerja sempurna demikian juga komponen-komponen vital lainnya. Perawatan berkala merupakan investasi jangka panjang sekaligus menjamin anda tetap nyaman dihari yang terik.

 
 
 
 
CAR SECURE SYSTEM

Kini telah hadir di tempat kami perlengkapan pengaman mobil terbaru di antaranya

Alarm Casike : 2 Waterproof Transmitter

                            1 Sirene 120 Db

                            5 Years Warranty

Harga Khusus selama Promosi Rp. 500.000,- / Net

 

Dapatkan juga pengaman lainnya yaitu

     Car security system dengan master key seharga Rp.350.000,-

 

UNTUK INFO LEBIH LANJUT HUB KAMI

 
 
 
Click untuk memperbesar
Perawatan Mobil Baru

Tahukah anda bahwa mobil baru yang anda beli mungkin belum ada perlindungan dari bahaya karat yang akan merusak keindahan mobil baru anda?  Hujan dan kotoran akan sangat berperan dalam proses karat dan rusaknya warna mobil.

 

Dengan adanya produk-produk yang berkualitas dari Tuff Kote Dinol masalah seperti karat dan rusaknya warna mobil dapat diatasi karena Tuff Kote Dinol menyediakan Produk ANTI KARAT, PEREDAM SUARA dan PELINDUNG CAT yang akan sangat membantu dalam menjaga keindahan mobil anda.

 
 
 
Click untuk memperbesar
Gadget MP3 Terbaru

MP3 Terbaru dari Nine, suatu gadget canggih yang dapat memutar format MP3 dari USB, ready for IPOD, dan Discman.  Digital dan dapat dikendalikan dengan remote atau manual.  Alat hanya dihubungkan ke cigarette lighter dan langsung dapat menikmati alunan suara MP3 yang merdu dan berkualitas.

 

 

http://www.tangerangmotor.com/pics_04/pic_22.jpg

DISKON 40%

Hanya Rp.180.000,-

Segera Hubungi Kami untuk info Produk